Thursday 28 June 2012

Cara Mempercepat waktu boot WINDOWS (Win 7 dan Win XP)

WINDOWS 7 :
CARA 1:Cara mempercepat waktu booting pada Windows 7, dengan melakukan tweak terhadap file system configuration utility  yaitu file msconfig.exe yang lokasinya terdapat di folder  C:\Windows\System32>
Caranya : Start->RUN  atau START-> pada kotak search :
Ketik : msconfig -> OKE






  1. Klik pada tab Boot, tampilannya tampak seperti gambar dibawah. Centang pilihan No Boot GUI, ini bertujuan untuk menghilangkan munculnya animasi logo Windows pada saat booting yang akan memberikan penghematan waktu booting windows 7.

  2. Selanjutnya masih pada tampilan jendela yang sama, klik tombol Advanced options, kemudian centang pada pilihan Number of processors lalu pilih angka paling besar yang menunjukkan jumlah core processor yang terdapat tersedia. Disini karena komputer saya masih menggunakan processor dual core maka angka maksimalnya cuma 2. Klik OK untuk kembali ke jendela utama msconfig windows7.

  3. Teru,s klik tab Startup yang akan menampilkan program-program apa saja yang di-load saat windows startup. Untuk mempercepat waktu booting windows 7 pastikan hanya program yang penting saja yang dipanggil secara otomatis. Untuk itu uncheck (jangan dicentang) program-program yang tidak perlu di-load secara otomatis saat windows booting. Kemudian klik OK

  4. Selanjutnya klik Restart dan coba rasakan perubahan waktu booting yang sekarang.  


CARA 2:
Dengan menggunakan Aplikasi yang ada pada TuneUp Utility, yakni Boot Defregment.
dengan bantuan aplikasi ini, file-file boot windows dan system registry akan di atur dan di-index, sehingga, dapat membantu proses kelancaran boot windows sampai ready digunakan
CARA 3: 
Menggunakan aplikasi  Bootvis, yang bisa di download disini dan install.
Setelah di Install, buka BootVis, klick Trace -> Next Boot + Driver Delays, -> OKE
maka PC minta di restart. Nah setelah masuk ke windows lagi, aplikasi ini akan menampilkan hasil analisanya.
Anda bisa meng-click TRACE- Optimize System, kemudian REBOOT NOW. Setelah itu masuk pada tahap optimalisasi system anda... kemudian restart.


CARA 4:
 

Mengatur BIOS untuk mempercepat start up. saat  menghidupkan computer, secara prosedur diawali dengan pengaturan BIOS sebelum memulai masuk ke boot start windows. Nah, pada bios ada item bernama Quick Power On Self Test (POST)Untuk masuk ke BIOS ini, biasanya dilakukan dengan menekan tombol Delete atau F1 atau F1- (terngantung jenis motherboardnya) di keyboard saat anda menghidupkan PC/Notebook. 
Quick Power On Self Test (POST)

Jika kita pilih ini maka system akan berjalan lebih lama, dibadingkan dengan keadaan normal.
Boot Up Floppy Seek
silahkan Disable-kan  pilihan ini, sebab jika enable maka system akan membutuhkan waktu untuk mencari floppy drive yang sebenarnya hal ini tidak perlu.
Delay .....
Beberapa Sistem membiarkan ada tenggat waktu saat proses booting setelah computer dinyalakan. Rubah menjadi of.  Nah, delay ini banyak, ada yang keyboard, Harddisk, dll. Tidak masalah jika anda merubah waktu tunggu, justru akan mempercepat/menghidari adanya delay waktu.

No comments:

Post a Comment

Tulis komentar disini..

Note: only a member of this blog may post a comment.

Categories

Blog Archive

Powered by Blogger.
 
Follow Me On Twitter Facebook Fanspage Circle Me On Google Plus